tidak ada yang “tidak ada” jika sudah dipikirkan

by : H. T. Oktodila

(maaf jika judulnya udah bikin ribet, karena emang tema nya berbau filsafat… bagi yg ga suka… pamit juga gapapa kok…)

ehem… saya ngutip dulu kata2 dari om Descartes : “aku ada, karena aku berpikir”

ya, kedengarannya (mungkin) rada2 simpel tapi rumit. karena, om Descartes bilang secara tersirat, eksistensi itu berhubungan dengan pikiran. pertama kali saya berpikir kalimat ini, apakah sesimple itu sesuatu dikatakan ‘ada’?

tapi saya salah, karena sebenarnya : ya, se-simple itu!

sesuatu akan ada jika dipikirkan! apapun itu. bagaimana jika ‘benda’ yang anda pikirkan itu tidak ada? contoh, situ kehilangan pensil situ, udah dicari kemana-mana, ga ketemu2, dan situ mengatakan kalo kalo itu pensil udah ‘tidak ada’. sebenarnya, pensilnya ada, hanya saja dimana keberadaannya yang tidak diketahui. pensil nya ‘ada’, di pikiran anda! benda itu ‘ada’ karena benda itu dipikirkan, dan keberadaannya diakui karena sudah dipikirkan.

sesuatu, apabila sudah dipikirkan, maka hal tersebut mendapatkan ‘eksistensi’, karena keberadaannya diakui

apakah semuanya apabila dipikirkan akan menjadi ada? YA! semuanya! bahkan “ketidak-adaan” itu sendiri (mulai ribet ni orang…)

contoh, apakah ada pohon yang terbang?

beberapa orang munngkin akan menjawab, “tidak ada!”, “mana ada!” atau “suram ni orang…!”

ya, memang, mungkin pohon yangterbang itu ga ada, tapi keberadaan si pohon sudah dipertanyakan, dan sudah singgah dalam imajinasi kita. dan dia ‘ada’ dalam pikiran kita

ah, mulai ribet yak? ini logikanya : SESUATU YANG TIDAK ADA, TIDAK AKAN DIPIKIRKAN SUSAH2

keberadaan sesuatu ‘tidak ada’, jika seseorang tidak menyadari keberadaannya. makanya, itu orang2 ga mikirin/mempertanyakan keberadaanya.

dan sesuatu ‘ada’ jika seseorang menyadari keberadaannya sehingga dipertanyakan.

sip? mudah2an bahasa saya ga terlalu sederhana… (penulisnya kampred ni..) jadi, pertanyaan saya… apakah anda ‘ada’? ada yang mikirin situ ga??? jawab sendiri…

ga usah dibawa ribet ini tulisan… Yang Penting Blog!!!

 

 

 

 

 

 

 

 

4 responses to “tidak ada yang “tidak ada” jika sudah dipikirkan

  1. wah anda nyasar masuk sastra inggris bang

  2. wah, postingan nya bagus. tapi sayang saya susah mencerna kata katanya heheh

  3. but, nice article😀

  4. maaf kalau tulisan saya mengganggu pikiran anda yang lagi santai-santai nya😀

Tinggalkan Balasan

